Friday, January 28, 2022

Cendrawasih Raja dari Hutan Tambrauw

Cendrawasih Raja atau yang dalam bahasa Inggris disebut King Bird of Paradise (Cicinnurus regius) adalah salah satu spesies burung surga yang hidup di hutan dataran rendah dan daerah perbukitan di Tanah Papua. Ukuran badannya kecil saja. Yang jantan sekitar 16 cm sedangkan yang betina 19 cm. Di pepohonan yang banyak ranting, tanaman tali hutan dan rotan yang bergelantungan, burung Cendrawasih Raja suka hidup di sana. 

King Bird of Paradise (Cicinnurus regius)
Foto burung Surga Raja dari Tambrauw

Cendrawasih Raja bisa ditemukan di hampir semua kawasan hutan dataran rendah dan perbukitan. Lokasi yang mudah dijangkau untuk melakukan pengamatan burung ini adalah di Kabupaten Tambrauw. Di sini, warga melestarikan hutan dan membiarkan berbagai satwa hidup dan berkembang. Foto berikut ini adalah Cendrawasih Raja yang hidup di hutan Tambrauw. Foto tersebut dibuat oleh Nico Nauw, seorang pemandu turis di daerah tersebut. 

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Tambrauw untuk mengamati burung Cendrawasih Raja dan burung-burung tropis Papua bisa menghubungi Nico Nauw lewat WA: 082198060084.

Tidak mudah bagi siapapun untuk mencari burung Surga Raja tersebut di dalam hutan karena ukuran tubuhnya yang kecil. Oleh sebab itu, wisatawan membutuhkan jasa seorang pemandu (guide). 

Untuk mencapai Tambrauw, wisatawan perlu terbang ke kota Sorong. Ada beberapa penerbangan reguler yang menghubungkan kota Sorong dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Beberapa maskapai penerbangan yang pesawatnya terbang ke kota Sorong adalah Garuda, Sriwijaya Air, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Nam Air.

Tiba di kota Sorong, wisatawan perlu melanjutkan perjalanan ke Tambrauw dengan naik kendaraan 4WD. Jangan lupa membeli bahan makanan sesuai dengan jumlah hari yang akan dihabiskan oleh wisatawan selama di Tambrauw. 

Untuk akomodasi di kampung-kampung, wisatawan bisa tinggal di rumah penduduk. Kalau lokasi yang dituju adalah Fef (ibukota Kabupaten Tambrauw), ada guesthouse atau penginapan yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kawan saya: Nico Nauw lewat nomor WA tersebut di atas. 

Pastikan bahwa wisatawan membawa kamera yang memadai seperti D-SLR dengan lensa 600 mm atau bridge camera seperti Canon SX70HS, Nikon P900 dan Nikon P1000.  

Ini ditulis oleh Charles Roring

Baca Juga:


No comments:

Post a Comment

buku novel, pengembangan diri, textbook kuliah dan buku pelajaran sekolah dasar