Monday, December 20, 2021

Atraksi Wisata di Kota Aimas Kabupaten Sorong

Kabupaten Sorong di Provinsi Papua Barat merupakan destinasi penting bagi wisata pengamatan burung Cendrawasih dan satwa liar di hutan hujan tropis. Kampung-kampung seperti Malaumkarta, Swatolo, Suwatuk, Malagufuk, Klatomok, dan Asbaken adalah destinasi wisata alam.yang bisa dikunjungi oleh siapa saja yang ingin melihat keindahan alam pesisir dan hutan tropis di wilayah utara dari Kabupaten Sorong.

Ibu kota Kabupaten Sorong adalah Aimas. Kota ini sebagian penduduknya adalah warga transmigrasi yang berasal dari Pulau Jawa. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai petani. Mereka menanam tanaman palawija dan tanalan pangan. Buah-buahan seperti jambu kristal, buah naga, jambu aor, pisang, nangka, mangga, avokado, bisa dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Aimas. Petani di sana menanami kebun mereka dengan mentimun, terong, jagung, dan pepaya. Ada juga yang beternak ayam atau memelihara ikan nila di kolam perikanan darat.

Ada banyak warung makan yang menyediakan berbagai jenis menu selera nusantara bagi wisatawan. Ada ikan mujair bakar yang disajikan dengan lalapan sayuran segar dan sambal yang gurih. Bagi mereka yang tertarik dengan seafood, kota Aimas dan kota Sorong menyediakan banyak sekali pilihan. 

Atraksi Wisata Budaya di kota Aimas, Kabupaten Sorong

Disamping wisata alam, wisata agro dan kuliner, wisatawan bisa juga berkunjung ke rumah budaya yang ada di Aimas. Ada beberapa rumah adat dari sejumlah suku di sana. Wisatawan bisa melihat rumah adat Papua, menyaksikan tari-tarian adat serta serta membuat foto dan video pribadi sambil mengenakan baju adat Papua yang bisa disewa dari pengelola rumah budaya tersebut. 

Nomor kontak dan Lokasinya secara akurat bisa dilihat di Google Map dengan kata kunci Taman Etnik Papua - Aimas, Kabupaten Sorong. Ditulis oleh Charles Roring

No comments:

Post a Comment

buku novel, pengembangan diri, textbook kuliah dan buku pelajaran sekolah dasar