Wednesday, February 10, 2021

Foto Burung Cendrawasih

Saya memiliki banyak sekali foto burung Cendrawasih Kuning Kecil/ Lesser Birds of Paradise (Paradisaea minor). Foto-foto tersebut saya buat ketika memandu wisatawan di dalam hutan hujan tropis Papua Barat. Burung ini indah sekali warnanya sehingga menjadi target pengamatan yang utama di kalangan para wisatawan pengamat burung baik di dalam dan luar negeri. 

Lesser Birds of Paradise in Malagufuk village of Klasow valley of West Papua
Lesser Birds of Paradise

Untuk menontonnya, kami harus bangun pagi sekali dan pergi ke pohon tempat biasanya burung surga ini berkumpul untuk berdansa dan kawin. Cendrawasih Kuning Kecil hidup di dataran rendah dan hutan perbukitan di Tanah Papua. Burung ini suka berdansa di pagi dan sore hari. 

Lokasi burung berdansa biasanya terletak lebih ke dalam hutan. Di Manokwari, saya suka mengantar wisatawan ke hutan Susnguakti yang terletak di kawasan pegunungan rendah dari Pegunungan Arfak. Di Kabupaten Tambrauw dan Teluk Wondama serta Sorong, Burung Cendrawasih dapat pula diamati. Wisatawan perlu berjalan kaki ke lokasi pohon tempat burung surga ini biasa berkumpul.

Burung Cendrawasih dan burung-burung tropis Papua lainnya memakan buah dan menyebar biji-bijiannya ke seluruh penjuru hutan. Ini artinya, burung Cendrawasih bermanfaat dalam melestarikan hutan tropis.

burung cendrawasih jantan dan betina
Cendrawasih Jantan dan Betina

Perkembangan penduduk, pembangunan jalan, gedung perkantoran serta perumahan telah mengakibatkan luasan hutan hujan tropis Papua, yang adalah habitat alami dari burung Cendrawasih, semakin berkurang. Hal ini diperparah lagi oleh masih adanya perburuan satwa burung cendrawasih di Tanah Papua. Akibat dari semua ini, populasi Cendrawasih juga ikut terancam.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian burung Cendrawasih?

  • Tidak membeli burung Cendrawasih baik yang masih hidup atau yang sudah diawetkan.
  • Tidak ikut merusak hutan hujan tropis Papua
  • Memperkenalkan satwa Cendrawasih ini kepada sesama kita agar mereka ikut peduli.

Burung Cendrawasih Kuning Kecil Jantan
Cendrawasih Jantan

Saya juga suka menggambar burung-burung surga baik secara manual menggunakan pensil warna dan kertas, maupun secara digital menggunakan gambar vektor inkscape dan bitmap seperti Adobe Autodesk Sketchbook. Gambar-gambar itu selanjutnya saya upload ke situs Redbubble untuk kemudian bisa dibeli cetakannya oleh pembaca dalam bentuk mug, t-shirt, tas, sarung bantal, dan lain sebagainya. Pembaca bisa melihatnya di link berikut:

Baca juga artikel berikut:


No comments:

Post a Comment

Olive-backed Sunbird in Minahasa Highland

Male Olive-backed Sunbird After guiding tourists across Sulawesi, Ternate and Halmahera islands, I decided to go back to Minahasa for a 5-da...