Wednesday, January 6, 2021

Ekowisata di Teluk Wondama

Kabupaten Teluk Wondama adalah salah satu destinasi wisata bahari yang penting di Indonesia. Ada banyak pulau di kabupaten ini yang dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan pepohonan hijau yang rindang di tepi pantai.  Wisatawan bisa berkunjung ke Wondama untuk melihat pemandangan indah pulau-pulau tropis, berenang dan menikmati aktivitas snorkeling sambil melihat terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni. 

Pantai Rowor di Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat
Pantai Rowor berpasir putih di Teluk Wondama

Ibukota Kabupaten Teluk Wondama adalah Rasiei. Kota kecil ini bisa dijangkau dengan mudah menggunakan pesawat kecil milik Susi Air atau naik kapal penumpang cepat dari kota Manokwari. Pesisir pantai Wondama sendiri memiliki pemandangan yang indah sekali. Wisatawan bisa berkunjung ke bukit Wandamui yang dikenal orang dengan sebutan bukit selfie. Karena letaknya di puncak bukit maka wisatawan bisa melihat keindahan Teluk Wondama sambil mengambil foto selfie baik dari atas bukit dan tanjung maupun dari tepi pantai. 

Ada banyak pantai di Wondama. Beberapa di antaranya adalah Pantai Rasiei, Pantai Sobey, Ketapang Lima, dan Pantai Rowor. Di kawasan pantai ini, wisatawan bisa piknik dengan keluarga. Ada juga gugusan terumbu karang yang indah. Untuk menikmati aktivitas snorkeling, sebaiknya wisatawan membawa perlengkapan sendiri seperti mask, pipa snorkel, dan sepatu bebek. Jangan lupa membawa kamera bawah air seperti Nikon W300, atau Olympus TG-6. Ada banyak sekali satwa dan tumbuhan laut di terumbu karang. Beberapa di antaranya adalah parrotfish (ikan kakaktua), moorish idol, lionfish, bintang laut, urchin, pohon natal, padang lamun, ikan anemone dan masih banyak lagi.  Ketika sedang berenang di atas terumbu karang, hindari berdiri di atas karang supaya tidak patah. Jangan pula membuang sampah sembarangan. 

Di Teluk Wondama ada banyak penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Fasilitas pendukung untuk aktivitas wisata di Wondama bisa dilihat di link ini: Akomodasi di Wondama.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Wondama, sebaiknya Anda pergi secara rombongan agar biaya perjalanan wisata bisa ditanggung bersama sehingga menjadi lebih murah. 

Pemandu wisata:

Jika Anda membutuhkan jasa pemandu,yang akan bekerja sebagai penunjuk jalan, mengatur alat transportasi seperti kendaraan, perahu motor/ speed boat, akomodasi dan menghubungi berbagai pihak di Wondama, silahkan menghubungi DPC HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Kabupaten Teluk Wondama 

Ketua - Rio Suabey: +62 821 9869 4761
Wakil - Eky: +62 812 4893 1154
Sekretaris: Amsal Tinori +6282197937120

Artikel lain: 

No comments:

Post a Comment

Olive-backed Sunbird in Minahasa Highland

Male Olive-backed Sunbird After guiding tourists across Sulawesi, Ternate and Halmahera islands, I decided to go back to Minahasa for a 5-da...