Pages

Burung-Burung Surga

Burung surga atau yang umumnya dikenal untuk sebutan Cendrawasih memiliki warna bulu indah sekali. Yang paling terkenal saat ini adalah Cendrawasih Kuning Kecil. Kita bisa melihat foto, gambar atau ornamennya di mana-mana, baik di baliho para politisi, baju batik Papua, atau di berbagai logo organisasi, maupun perusahaan di dalam dan di luar Tanah Papua. 
Burung Surga Kuning Kecil
Cendrawasih Kuning Kecil (Paradisaea minor)

Burung Cendrawasih Kuning Kecil (Lesser Birds of Paradise) ini hidup di daerah dataran rendah hingga pegunungan rendah dari wilayah vogelkop sampai ke Nabire, wilayah Yapen Waropen, Sarmi, Jayapura sampai kawasan utara Papua New Guinea. Karena sebarannya yang luas sekali maka burung ini poluler di Tanah Papua. Foto Cendrawasih di atas, saya buat di hutan Susnguakti Manokwari.
Sebenarnya ada 42 spesies burung surga yang dikenal dalam ilmu pengetahuan. Tidak semuanya memiliki warna kuning emas seperti Cendrawasih Kuning Kecil. Namun setiap spesies cendrawasih yang ada dalam keluarga besar burung surga (birds of paradise) memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Berikut ini adalah sebagian kecil spesies yang sempat saya potret ketika menjelajah hutan hujan tropis Papua bersama wisatawan.
Cendrawasih Merah (Red Bird of Paradise)
Burung Surga Merah dari Raja Ampat

Red Bird of Paradise (Cendrawasih Merah) ini mirip dengan burung Cendrawasih Kuning Kecil. Tapi Red BOP hidup di Kepulauan Raja Ampat terutama di Waigeo, Gam dan Batanta serta beberapa pulau yang berdekatan di satu kawasan tersebut. 
Western Parotia di Pegunungan Arfak
Western Parotia (Parotia sefilata)
Burung Western Parotia, misalnya, meskipun tidak memiliki warna seindah Cendrawasih Kuning Kecil, ia memiliki tarian yang indah sekali. Burung ini hidup di hutan pegunungan tinggi di wilayah kepala burung (vogelkop) dari Provinsi Papua Barat. Berbeda dengan manusia, dalam dunia perburungan, burung jantanlah yang berdansa. Tariannya mirip seorang penari balet. Oleh karena itu, para pengamat burung ini sering menyebutnya ballerina bird. Sebelum berdansa, tanah tempat ia berdansa akan dibersihkannya terlebih dahulu dari ranting, dan daun-daun yang gugur. Setelah itu, ia akan memanggil para burung Western Parotia betina untuk datang ke lokasi dansa. Ketika mereka telah datang dan berkenan untuk menonton pergelaran tari maka ia akan berdansa.
Cendrawasih Botak dari Raja Ampat
Cendrawasih Botak (Diphyllodes respublica)
Masih di wilayah Raja Ampat, ada spesies Cendrawasih Botak (Wilson's Bird of Paradise). Burung ini ukuran badannya kecil sekali dibandingkan saudara-saudaranya yang lain.
Long-tailed Paradigala (Paradigala Ekor-panjang)
 - burung ini memiliki sebaran yang sangat terbatas yakni di kawasan hutan pegunungan tinggi dari Pegunungan Arfak. Oleh karena itu, burung surga tersebut sulit untuk dilihat orang kecuali jika ia sedang beruntung. Secara pribadi, setelah menjalankan profesi sebagai tourist guide selama 10 tahun baru pertama kali itulah saya melihat burung Long-tailed Paradigala di tempat ditaruhnya buah merah. 
Wisata nonton burung surga di Papua Barat
Long-tailed Paradigala
Magnificent Bird of Paradise (Diphyllodes magnificus) hidup di daerah transisi hutan pegunungan rendah ke pegunungan tinggi.  Ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi wisatawan untuk mengamati burung ini. Beberapa di antaranya adalah Hutan Ayapokiar dan Fef di Pegunungan Tambrauw, serta Hutan Soyti di Pegunungan Arfak. Di hutan Andaer Kampung Ayapokiar Pegunungan Tambrauw, lokasi pengamatan burung Magnificent Bird of Paradise hanya berjarak 50 meter dari lokasi pengamatan burung Lesser Birds of Paradise. Oleh karena itu, wisatawan pengamat burung sangat dianjurkan untuk berkunjung ke sana. 
Magnificent Bird of Paradise (Cicinnurus magnificus)
Magnificent Bird of Paradise di Hutan Andaer
Pegunungan Tambrauw, Papua Barat

Burung Magnificent Bird of Paradise atau Cendrawasih Belah Rotan
Magnificent Bird of Paradise

Magnificent Riflebird (Toowa cemerlang)
Burung Toowa Cemerlang atau
Magnificent Riflebird

Magnificent Riflebird atau Toowa Cemerlang di Hutan Malagufuk, lembah Klasow, Kabupaten Sorong
Toowa Cemerlang atau
Magnificent Riflebird di hutan hujan tropis Papua

Magnificent Riflebird (Ptilinoris magnificus) hidup di hutan dataran dan pegunungan rendah. Dalam bahasa Indonesia, burung ini disebut Toowa Cemerlang. Bulunya hitam dan dadanya ada semacam perisai biru gelap yang berkilau ketika terkena cahaya. Jika sang jantan berdansa untuk memikat betina, polanya berdansa mirip seorang pemandu sorak (cheerleader) di sebuah pertandingan olah raga. Ditulis oleh Charles Roring WA: +6281332245180

Untuk sementara, ini dulu penjelasan saya, nanti dilanjutkan di lain waktu ...

No comments:

Post a Comment