Translate

Jelajah Gunung Sakofsiah dan Lembah Ases di Kabupaten Tambrauw

Gunung Sakofsiah dan Lembah Ases adalah habitat alami bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan Papua yang menarik untuk dilihat oleh wisatawan. Kedua tempat ini terletak di pedalaman Tambrauw sekitar 30 menit naik kendaraan 4WD dari Fef, ibukota Kabupaten Tambrauw.

Wisatawan Eropa di Papua Barat
Wisatawan Prancis di Distrik Ases, Kabupaten Tambrauw
Selama beberapa tahun belakangan ini wisatawan internasional mulai tertarik untuk berkunjung ke sana. Mereka menghabiskan waktu kira-kira 4 hari hingga 1 minggu di sana untuk menjelajah hutan, sungai dan daerah perbukitan yang ada di sana.
Wisatan Ceko di Gunung Sakofsiah
Wisatawan Ceko dan warga setempat di Gunung Sakofsiah, Kabupaten Tambrauw
Air di Sungai Ases jernih sekali. Ada banyak ikan yang bisa dijumpai di sana. Saat berjalan menyusuri tepian sungai, wisatawan bisa melihat berbagai spesies burung seperti kakaktua putih, kakaktua raja, taun-taun, nuri kepala hitam, raja udang paruh kuning, rufous-bellied kookaburra, kumkum, jagal papua, mino muka kuning, mina emas, pitta perut merah, pitta kepala hitam, dan masih banyak lagi. 
Pohon-pohon besar yang tumbuh di Pegunungan Sakofsiah dan Lembah Ases kerap dihinggapi burung New Guinea Vulturine Parrot, serta New Guinea Harpy Eagle. 
Wisatawan Amerika di Lembah Ases Pegunungan Tambrauw
Wisatawan Amerika Serikat di Lembah Ases
Rata-rata wisatawan yang pergi ke Lembah Ases membawa binocular dan kamera telefoto. Mereka bisa memotret burung surga yang berdansa di cabang-cabang pohon di pagi dan sore hari. 
Aktivitas penjelajahan hutan dilakukan pula di malam hari untuk melihat katak-katak besar di pinggir kali, ular, dan rusa.  Kuskus pohon, tupai terbang serta kelelawar sering dijumpai di Ases. Ada tempat-tempat khusus yang tidak jauh dari Kampung Ases di mana wisatawan bisa pergi guna melihat rusa, dan wallaby yang datang untuk minum air. Di sana ada beberapa mata air kecil yang kerap dikunjungi hewan mamalia. Warga setempat menyebutnya viem.


Selama wisatawan berlibur di Lembah Ases dan Gunung Sakofsiah, para wisatawan ini dilayani oleh warga setempat yang bekerja memandu mereka di hutan, maupun memasak serta menyajikan makanan di pagi, siang, hingga malam hari.
Para pramuwisata yang ada di Kabupaten Tambrauw sekarang sudah ada wadah atau organisasinya. Namanya DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Tambrauw. Ketuanya pada  saat ini adalah Nico Nauw. Jika Anda tertarik untuk berlibur ke Gunung Sakofsiah dan Lembah Ases di Pegunungan Tambrauw, silahkan menghubungi beliau lewat nomor ponsel: 082198060084.
Hutan hujan tropis yang ada di Kabupaten Tambrauw ini masih dalam kondisi baik. Para wisatawan tersebut sangat terkesan dengan keindahan alam pegunungan, dan lembah sekaligus keanekaragaman hayati yang bisa dilihat di Gunung Sakofsiah dan Lembah Ases. Mereka berkata akan memberitahu teman-teman yang lain supaya ada yang tertarik untuk berkunjung ke Tambrauw. Di tulis oleh Charles Roring

Baca juga:
English:


No comments:

Post a Comment