Translate

Sketsa Burung Cendrawasih

Baru saja saya menyelesaikan satu lagi sketsa tentang Burung Cendrawasih. Saya memakai pensil Staedtler 2B untuk mengerjakannya. Kemudian saya memotretnya dan mengolahnya di komputer. Sayang sekali, hari sudah malam ketika saya mengambil foto sketsa tersebut. Akibatnya, kualitas gambar yang dihasilkan tidak terlalu terang.
Cendrawasih Kuning Kecil/ Lesser Birds of Paradise (Paradisaea minor)
Sketsa Burung Cendrawasih
Sketsa ini akan saya olah lagi dengan mewarnainya menggunakan cat air. Jika sudah jadi, saya akan menceritakannya di blog ini.
Secara umum, dunia ilmu pengetahuan mengenal adanya 42 spesies burung cendrawasih. Sebagian besar hidup di hutan Papua. Mereka memakan buah dan menyebarkannya ke seluruh penjuru hutan. Oleh karena itu burung Cendrawasih memiliki peran yang penting dalam menjaga kelestarian ekosistem hutan hujan tropis tempat ia hidup dan berkembang.
Sayang sekali, karena bulunya yang indah, burung ini sering diburu. Di masa lampau, Cendrawasih yang sudah dikeringkan, diperjualbelikan orang hingga ke luar negeri.
Sekarang, kesadaran masyarakat dan pemerintah tentang pentingnya upaya untuk melestarikan satwa liar maka Burung Cendrawasih sudah mendapat perlindungan secara resmi.
Cendrawasih dijadikan logo organisasi, atau lambang di berbagai institusi pemerintah maupun swasta.
Baca juga:

No comments:

Post a Comment