Translate

Naik Sepeda Gunung di Manokwari

Manokwari sering dikunjungi wisatawan asing yang suka dengan olah raga sepeda gunung. Ini adalah cara murah meriah untuk menikmati keindahan alam Manokwari. Sebagai pramuwisata, saya sudah memandu banyak sekali wisatawan di Papua Barat.
Aafke sedang membantu mempromosikan budaya bersepeda

Wisatawan Belanda berkunjung ke Pantai Pasir Putih naik sepeda gunung.

Wisatawan Inggris naik sepeda di Manokwari
Bersepeda Gunung di Papua Barat
Pada suatu hari seorang perempuan cantik menghubungi saya dengan email. Dia bilang mau jalan-jalan ke Papua. Selanjutnya dia menanyakan apa saja kegiatan yang menarik untuk wisatawan. Dalam jawaban saya, sederetan panjang obyek wisata dan kegiatan petualangan saya jelaskan padanya. Akhirnya dia memilih snorkeling, birdwatching, trekking, camping, dan mountain biking. Gadis ini benar-benar pencinta alam sejati karena dia tidak mengeluh sedikit pun sewaktu harus berhadapan dengan hutan Papua yang penuh dengan nyamuk dan semak belukar. Di akhir perjalanannya mengelilingi Manokwari, saya dan teman-teman dari MTB Manokwari, menemaninya berkeliling kota dengan naik sepeda. Dia mengendarai sepeda Polygon tipe Celine 3.0 yang didesain khusus untuk perempuan. Tujuan tour sepeda yang kami sediakan secara gratis adalah untuk menarik minat masyarakat terhadap kegiatan bersepeda yang memiliki manfaat positif bagi lingkungan hidup dan kesehatan kita.
Wisata sepeda gunung di Manokwari
Pesepeda dari Amerika Serikat bersama Guide Charles Roring
Ada komunitas sepeda gunung di kota Manokwari yang bersedia mengantar wisatawan untuk jalan-jalan di kawasan pinggiran kota yang tidak terlalu banyak dilalui oleh kendaraan bermotor. Wisatawan yang tidak punya sepeda pun akan dipinjamkan sepeda. Jadi bersepeda keliling hutan dan gunung, wilayah pertanian, serta daerah pesisir pantai merupakan hal yang menarik untuk dilakukan. Sudah banyak wisatawan manca negara yang ikut dengan saya menikmati tur sepeda gunung ini. Mereka semua menyukai kegiatan tersebut karena selain tidak mengeluarkan biaya, mereka bisa mengunjungi tempat-tempat baru yang tidak disebutkan dalam travel guide book tentang Indonesia. Dengan bersepeda gunung di Manokwari, kita akan mengenal Papua lebih dekat dan juga menjadi lebih mencintai alam. Oleh Charles Roring/ Email: peace4wp@gmail.com

No comments:

Post a Comment