Translate

Kepulauan Raja Ampat

Wisata bahari di Indonesia
Raja Ampat
Saya sering sekali melakukan perjalanan di Indonesia Timur khususnya keliling pulau-pulau di Papua Barat yang dipenuhi oleh hamparan pasir putih dan pohon-pohon kelapa. Salah satu tempat yang pernah saya singgahi adalah Kepulauan Raja Ampat. Semua orang yang pernah ke sana pasti akan berkata bahwa kabupaten yang terletak di sebelah barat Sorong tersebut adalah destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Meskipun diberi gelar terpopuler, belum banyak orang Indonesia yang melancong ke daerah itu. Sebenarnya cara terjangkau ke Raja Ampat adalah dengan menumpang kapal cepat dari Pelabuhan Rakyat di kota Sorong ke Pelabuhan Waisai. Setelah itu dengan naik kendaraan roda 2 atau 4, wisatawan bisa menginap di homestay milik warga atau sejumlah resort pantai yang ada di sepanjang pantai Pulau Waigeo. Ada juga resort dan homestay yang dibangun di pulau-pulau lain seperti Kri, Mansuar, Gam, dan berbagai pulau lainnya. Untuk keperluan tersebut, wisatawan masih harus mengeluarkan biaya tambahan ke sana.
Snorkeling and birding in Raja Ampat
Sebuah Pulau di Raja Ampat
Kepulauan Misool di bagian selatan Raja Ampat sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Kebanyakan pengunjung yang ke kawasan itu berasal dari manca negara. Mereka menggunakan kapal-kapal diving (liveaboard) yang harga paket wisata per orangnya bisa mencapai lebih dari 20 juta rupiah. Tidaklah mengherankan jika hanya orang berduit saja yang bisa ke sana. Sarana transportasi laut massal di Raja Ampat masih kurang. Hal ini mengakibatkan tingginya biaya yang diperlukan oleh wisatawan yang hendak berkunjung ke pulau-pulau yang ada di sana.
Wisata bahari di Raja Ampat
Pantai di Pulau Waigeo
Bagi para pelancong yang ingin mengunjungi Wayag, cara termurah adalah dengan pergi dalam satu kelompok beranggotakan sekitar 8-10 orang. Hal ini penting untuk menekan biaya transport. Perahu bisa disewa dari Waisai (ibukota kabupaten Raja Ampat). Saya tidak menyarankan Anda untuk pergi ke kepulauan Wayag seorang diri karena pasti biaya yang akan ditanggung sangatlah besar.
Jika Anda masih memerlukan informasi tentang jalan-jalan di Raja Ampat, ketik saja keyword itu di form pencarian dalam blog ini. Saya telah menulis beberapa artikel yang berkaitan dengan destinasi wisata maritim yang sangat terkenal di Indonesia tersebut. Jika Anda ingin jalan-jalan ke Raja Ampat dan membutuhkan seorang pemandu, silahkan menghubungi saya:  Leo Roring/ E-mail: peace4wp@gmail.com atau lewat whatsapp ke: +6281332245180
Baca juga: Wisata Alam ke Raja Ampat

No comments:

Post a Comment