Translate

Burung Taun-taun Lambang Cinta Sejati

Selain menggambar menggunakan media tradisional seperti pensil grafit, pensil arang (charcoal), pensil warna cat air (watercolour pencils); saya juga sering membuat illustrasi digital menggunakan software inkscape. Ini adalah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran karena bukan lagi pensil yang saya pegang melainkan mouse.

Dari sejumlah gambar vektor yang pernah saya buat, salah satunya tentang sepasang burung Taun-taun yang terbang di atas Pulau Papua dan bisa dilihat di depiksi di atas. Ini adalah logo untuk situs wildlife-papua.com. Situs wildlife-papua tersebut dibangun untuk mempromosikan pelestarian alam, dan pemberdayaan ekonomi lewat ekowisata. Ini sangat penting karena saya menyadari bahwa lingkungan hutan dan kawasan laut serta terumbu karang tempat masyarakat adat itu berada merupakan sumber kehidupan yang harus dijaga dan dipelihara sampai kapanpun.
Berikut ini, adalah gambar vektor dari burung taun-taun tersebut yang tersedia di toko online Alam Lestari. Gambar tersebut tersedia dalam produk lainnya seperti tas (tote bag), casing ponsel, t-shirt dan lain-lain. Silahkan klik gambar di bawah, untuk Anda yang berminat membelinya.
Burung Taun-taun Lambang Cinta Sejati
Alasan saya menggunakan burung taun-taun adalah karena burung ini merupakan lambang cinta sejati yang dikenal oleh masyarakat Papua. Burung taun-taun banyak ditemukan di hutan-hutan Papua, Maluku dan pulau-pulau besar maupun kecil di kawasan Samudra Pasifik. 
Burung taun-taun kerap dijumpai terbang berpasangan, bergerombol serta sendirian. Kalau burung taun-taun tersebut sudah memiliki pasangan hidup, mereka akan terbang bersama mencari buah-buah hutan untuk dimakan. Biji-bijian yang mereka tebar ke sudut-sudut hutan nanti akan tumbuh menggantikan pohon-pohon yang telah tumbang karena lanjut usia. 
Jika salah satu dari pasangan itu mati (entah karena sakit, atau ditembak pemburu) maka pasangan yang bertahan hidup akan terbang sendiri seumur hidupnya. 
Inilah yang menjadi dasar pemilihan burung taun-taun sebagai logo dari wildlife-papua.com. Bergerombol, berpasangan maupun sendirian, saya bertekad untuk mendukung pelestarian alam Papua dan pemberdayaan masyarakat adat lewat program ekowisata.
Ini adalah wujud kecintaan dan rasa syukur saya buat Tanah Papua tempat di mana saya dilahirkan dan dibesarkan meskipun kedua orang tua saya berasal dari Minahasa.


No comments:

Post a Comment