Translate

Gambar Vektor Cendrawasih Merah

Beberapa waktu lalu saya menggambar burung Cendrawasih Merah jantan (Paradisaea rubra) menggunakan software inkscape. Burung ini saya lihat di daerah selatan Pulau Waigeo. Untuk menonton burung itu, saya harus bangun pagi-pagi sekali sekitar jam 05.00. Seorang pemandu lokal menemani saya mendaki bukit yang agak terjal selama kurang lebih 1 jam. Setelah tiba di lokasi, ternyata ada panggung yang tingginya sekitar 5 meter untuk para pengamat burung. Saya dipersilahkan naik untuk melakukan pengamatan.
Burung Surga Merah di Raja Ampat
Saat matahari mulai bercahaya di Timur, burung-burung jantan mulai berteriak memanggil betina-betina mereka. Ketika cendrawasih betina telah tiba, cendrawasih jantan mulai berdansa menunjukkan keindahan bulu mereka yang berwarna kuning, coklat, hijau dan merah.
Ada hal yang cukup menarik jika kita mencoba mengamati pose burung jantan. Sering posisi kepala berada di bawah dan ekor di atas. Ini tentunya gaya berdansa yang sulit sekali. Namun demikian Cendrawasih Jantan Raja Ampat tersebut tetap memperagakan kepiawaiannya di batang pohon yang tak berdaun.
Gambar Vektor Cendrawasih Merah
Saya membuat gambar vektor Cendrawasih Merah Raja Ampat ini untuk menarik kepedulian pembaca tentang pentingnya melestarikan burung surga tersebut. Populasinya semakin berkurang karena perburuan liar, penebangan hutan, pengalihfungsian hutan menjadi kebun, jalan raya serta kawasan pemukiman masyarakat. Semoga Burung Surga Merah Raja Ampat ini bisa terus bertahan hidup di habitatnya selama-lamanya.
Pembaca bisa memperoleh gambar ini dalam sejumlah produk seperti: T-shirt, Tote Bag dan Case untk Ponsel.

No comments:

Post a Comment