Translate

Menggambar Manusia

Dalam dunia seni visual, subyek yang sulit digambar adalah manusia. Oleh karena itu, seorang seniman yang ingin menguasai teknik menggambar manusia harus berlatih membuat sketsa sebanyak mungkin. Referens dalam menggambar bisa berasal dari imaginasi, foto di majalah atau model secara langsung. Yang terbaik tentunya adalah menggunakan model secara langsung.
Ada seniman yang menggambar mata terlebih dahulu, kemudian menggambar hidung, mulut, rambut, dan selanjutnya ke bagian tubuh lainnya. Ada juga yang mulai menggambar tangan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan ke badan, kaki, tangan serta kepala. 
Sketsa wanita dan laptop di sofa
Sketsa Manual Wanita dan Laptop
Dalam teori menggambar manusia, pada umumnya, seniman menggambar bagian terluar dari keseluruhan tubuh manusia agar proporsinya seimbang dan tata letaknya sesuai dengan yang diharapkan. Setelah gambar tubuh manusia secara garis besar telah dibuat, langkah selanjutnya adalah menggambar secara terperinci bagian wajah, tangan, kaki atau pakaian yang dipakai. 
Sketsa digital wanita dan laptop sedang duduk di sofa
Ilustrasi digital wanita dan laptop
Meskipun seseorang telah menguasai teori menggambar manusia secara baik, ia tetap harus terus berlatih untuk menyempurnakan ketrampilannya. Jika ia tidak berlatih, maka kualitas gambar yang ia hasilkan tidak akan maksimal. 
Secara pribadi saya telah membuat banyak sketsa tubuh manusia, baik laki-laki, perempuan, anak-anak maupun dewasa. 
Gambar digital wanita menggunakan aplikasi Autodesk Sketchbook
Sketsa Wanita di Tepi Pantai
Saya biasanya menggunakan pensil terlebih dahulu kemudian saya beri warna. Ada juga sketsa biasa dengan menggunakan pensil lalu ditebalkan garisnya menggunakan pena bertinta hitam ysng selanjutnya diolah lagi secara digital menggunakan aplikasi Autodesk Sketchbook. Pembaca bisa melihat beberapa gambar manusia pada tulisan ini sebagai bahan studi.

No comments:

Post a Comment