Translate

Hutan Kota di Surabaya Terbaik di Indonesia

Sudah beberapa hari ini saya jalan-jalan keliling Surabaya. Ini adalah kota ke- 2 terbesar di Indonesia. Kota pelabuhan, perdagangan, tapi juga disebut kota hijau.


Satu hal menarik yang saya lihat dari kota ini adalah banyaknya pepohonan hijau di kedua sisi jalannya. Sejak saya tiba di bandara Juanda kemudian menuju kawasan kota hingga menjelajahi kawasan pertokoan maupun pemukiman warga, saya mendapati bahwa Surabaya memiliki hutan kota yang masif dan luar biasa bagusnya. Wajar saja jika kota Surabaya memperoleh penghargaan dunia sebagai Global Green City oleh Perserikatan Bangsa-bangsa. 
Pohon-pohon hijau memberi suasana sejuk
Vegetasi Hijau di Kota Surabaya
The best green city in Indonesia
Kota Surabaya dengan hutan kota yang bagus
Hutan kota (urban forest) memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Beberapa di antaranya adalah:
  • Ketika matahari bersinar cerah, pohon-pohon hijau yang ada di kedua tepi jalan menyediakan kerindangan untuk para pejalan kaki, rumah, toko dan berbagai fasilitas publik yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu kawasan kota yang memiliki banyak pepohonan hijau yang rindang akan terasa lebih sejuk.
  • Pohon-pohon hijau menyerap emisi karbon dioksida atau gas CO2 yang dihasilkan oleh pembakaran dari kendaraan bermotor dan pembakaran dari berbagai aktivitas industri dan rumah tangga selama fotosintesis lalu melepaskan oksigen ke udara. Hutan kota yang masif di Surabaya memberikan oksigen secara kontinyu bagi warganya. Udara menjadi lebih segar.
  • Hutan kota juga menjadi daerah resapan air yang penting sekali dalam menjaga ketinggian air tanah selama musim kemarau, dan mencegah banjir di musim hujan. Ketinggian air tanah yang baik bermanfaat untuk mencegah intrusi air laut. 
  • Hutan kota menciptakan suasana nyaman, indah, dan segar. Ini penting sekali dalam menurunkan kadar stress di kalangan masyarakat urban yang sehari-hari berhadapan dengan berbagai permasalahan rumit di tempat kerja, dan dalam pergaulan sehari-hari.
Sebenarnya masih ada banyak manfaat yang diperoleh oleh masyarakat jika hutan kotanya bertumbuh dan berkembang dengan baik.
Baca juga:

No comments:

Post a Comment