Translate

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin
Bandara Sultan Hasanuddin
Saat ini saya sedang berada di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Sebenarnya bandara ini terletak di Kabupaten Maros. Di zaman orde baru, nama kota Makassar adalah Ujung Pandang. Nama Sultan Hasanuddin diambil dari seorang pahlawan nasional Indonesia yang berjuang melawan penjajah Belanda.
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin adalah salah satu lapangan terbang tersibuk di kawasan tengah dan timur Indonesia. Maskapai penerbangan nasional seperti Garuda, Sriwijaya, Batik, Lion Air, Wings, yang menerbangkan pesawatnya di sini.
Di dalam kompleks bandara sendiri, ada berbagai fasilitas yang tersedia untuk melayani masyarakat atau penumpang transit.
Makassar Sulawesi Selatan
Bagian depan pintu keberangkatan
Ada hotel Ibis Budget yang menyediakan kamar dengan harga yang cukup terjangkau untuk para pelancong yang menginap sesaat di bandara sebelum melanjutkan perjalanan mereka ke kota lain. Ukuran kamar di hotel Ibis adalah kecil. Namun demikian hotel ini tergolong nyaman. AC-nya dingin, kamar mandi dan wc dibuat terpisah. Fasilitas internet wifi gratis juga disediakan tapi khusus untuk tamu yang menginap. Hotel Ibis Budget sangat populer di mata para pelancong yang singgah di bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Telkomsel juga memiliki tempat penjualan pulsa telpon, paket data maupun kartu perdana.
ATM center terletak di belakang restoran fastfood AW yang berada bersebelahan dengan tempat kedatangan penumpang. Ada juga bank BRI dan BNI. Di samping itu pula berbagai warung makan tersedia untuk siapa saja yang ingin menikmati hidangan khas Sulawesi Selatan seperti Es Pisang Ijo atau Coto Makassar. Kafe Starbucks terletak tidak jauh dari pintu keberangkatan.
Terminal penumpang bandara Sultan Hasanuddin bangunannya megah, modern dan gemerlap di malam hari. Wisatawan domestik maupun manca negara yang singgah di bandara ini pasti merasa nyaman saat berada di sana. Untuk melengkapi kekhasan bandara ini, pengelola bandara menaruh replika kapal Phinisi di pelataran depan ysng berdekatan dengan taman dan pepohonan. Di dalam ruang tunggu penumpang, ada juga replika kapal phinisi tersebut dalam ukuran yang lebih kecil.
Bandara Sultan Hasanuddin adalah kebanggaan masyarakat dan pemerintah tidak hanya Sulawesi Selatan tetapi juga Indonesia secara keseluruhan. - ditulis oleh Charles Roring
Also read:

No comments:

Post a Comment