Translate

Burung Layang-layang

ilustrasi digital burung layang-layang sebagai simbol kebebasan
Burung Layang-layang di Perairan Papua Barat
Saya sering melihat burung layang-layang terbang tinggi di angkasa. Burung ini dikenal juga dengan nama: Lesser Frigatebird (Fregata ariel). Burung ini memiliki bentangan saya lebih dari 1.5 meter. Ketika saya berada di pantai, burung frigate ini biasanya terbang dalam kelompok dengan jumlah 2 hingga lebih dari 10 ekor. Mereka mencari ikan di lautan. Burung ini akan terlihat melayang-layang di atas laut pada ketinggian puluhan meter di udara. Mata mereka yang tajam dengan sigap mencari kumpulan ikan yang sedang berenang di permukaan. Jika mereka telah menemukannya, mereka akan menyambar ikan-ikan tersebut dan menangkapnya dengan paruh mereka yang panjang. Karena jumlah mereka yang banyak, terkadang burung-burung laut lainnya yang berukuran kecil takut mendekat. 
Burung layang-layang ini adalah simbol kebebasan. Mengapa demikian? Karena burung ini bisa terbang tinggi dan pada jarak yang sangat jauh. Mereka sering memanfaatkan tiupan angin sehingga tidak terlalu banyak mengepak sayapnya. Ini adalah cara terbang yang sangat menghemat energi.  
Di kawasan perairan Samudra Pasifik di wilayah utara Manokwari, Tambrauw, serta perairan Raja Ampat, burung Lesser Frigatebird ini mudah dijumpai. Meskipun bukan merupakan target pengamatan yang penting di kalangan wisatawan pengamat burung, ketika kita melihat Lesser Frigatebird di udara, kita akan kagum akan pergerakan mereka di udara.

No comments:

Post a Comment