Translate

Ikan dan Terumbu Karang

Saya sering melakukan kegiatan snorkeling dan menyelam-bebas (freediving) di kawasan terumbu karang. Ada berbagai spesies ikan yang bisa dilihat di sana. Beberapa di antaranya adalah: Striped Surgeonfish dan Convict Surgeonfish. Ikan ini memiliki ornamen bergaris di tumbuh mereka sehingga menjadikannya menarik.
Untuk melihat ini saya harus berenang agak jauh dari pasir pantai hingga ke kawasan terumbu karang yang berair jernih. Kemudian dengan memakai snorkeling mask, snorkel serta flipper (kaki bebek), saya menyelam bebas ke ke kedalaman 2 sampai 5 meter. Kadang, saya memotret ikan menggunakan kamera bawah air Fujifilm XQ2 atau Brica B-Pro5 Alpha Edition. Foto-foto tersebut bisa dijadikan sebagai referens jika saya ingin menggambar ikan.
Digital drawing of Striped-surgeonfish and Convict Surgeonfish
Surgeonfish hidup di terumbu-karang
Oleh karena itu, saya berkeputusan untuk menggambarnya. Saya menggunakan Tablet Samsung Tab A dan aplikasi Autodesk Sketchbook untuk menggambar ikan-ikan tersebut. Agar terlihat lebih menarik, saya menambah beberapa terumbu karang di sekitarnya.
Ada banyak sekali spesies ikan di perairan terumbu karang terutama pada kedalaman antara 1 meter hingga 20 meter. Saya akan mencoba menggambarnya di lain waktu dan menguploadnya di blog ini. Anda bisa melihat berbagai produk cetak yang tersedia dengan berkunjung ke halaman: Dompet Bergambar Ikan

No comments:

Post a Comment