Translate

Wisata Pengamatan Burung di Hutan Papua

Sebagai pemandu turis, saya telah mengatur banyak sekali perjalanan wisata ke hutan - hutan Papua Barat bagi para pelancong dalam dan luar negeri. Kami menjelajah hutan untuk melihat berbagai macam tumbuhan dan hewan. Daya tarik utama hutan Papua baik di dataran rendah maupun dataran tinggi adalah adanya beberapa spesies burung surga yang indah warnanya. Burung-burung ini biasanya aktif di pagi dan sore hari.
Cendrawasih kuning kecil (Lesser birds of paradise)
Burung Cendrawasih Kuning
Wisatawan dari manca negara umumnya menghabiskan waktu selama 3 sampai 4 hari untuk melihat Cendrawasih Kuning (Lesser Birds of Paradise), Cendrawasih Raja (King Bird of Paradise) serta Magnificent Riflebird.
Di samping itu pula, ada juga burung-burung lain yang indah warnanya seperti Mina Emas (Golden Myna), Kakaktua Raja (Palm Cockatoo) serta burung Raja Udang Paruh Kuning.
Wisatawan suka memotret burung dan satwa liar lainnya. Kamera yang sesuai untuk keperluan tersebut adalah kamera bridge dengan zoom sebesar 50 hingga 60 kali seperti Nikon P900, Canon SX60HS. Kamera D-SLR dengan lensa telefoto hingga 800 mm cocok untuk memotret burung yang sedang bertengger di cabang pohon yang tinggi.
Di samping kamera, ada pula peralatan lain yang diperlukan untuk menonton burung-burung tersebut. Peralatan seperti binokular, spotting scope dan pena laser digunakan untuk mengamati burung serta satwa liar lainnya di hutan.
Kegiatan wisata pengamatan burung dapat membuka wawasan kita tentang alam sekaligus membuat kita semakin peduli untuk melestarikannya.

No comments:

Post a Comment