Translate

Burung Cendrawasih Merah

Ini adalah sketsa sepasang burung Cendrawasih Merah di hutan Mamdifu, kawasan timur laut dari Pulau Waigeo - Kepulauan Raja Ampat. Dalam bahasa Inggris (dan Latin) burung ini disebut Red Bird of Paradise (Paradisaea rubra). Saya melihat burung ini ketika sedang memandu 3 orang wisatawan India yang khusus datang dari negara mereka untuk melihat burung-burung surga di habitat alaminya.
Red Bird of Paradise in Waigeo
Burung Cendrawasih Merah / Red Bird of Paradise (Paradisaea rubra) di hutan Raja Ampat
Sejauh ini ada 41 spesies Burung Cendrawasih atau Burung Surga yang dikenal dalam dunia sains. Kebanyakan tinggal di Papua. Keindahan warna bulu dan kemampuannya berdansa sering menyebabkan burung ini menjadi sasaran perburuan satwa liar. Pemerintah dan berbagai lembaga internasional yang mengawasi perdagangan hewan telah melarang perburuan maupun perdagangan satwa liar.
Salah satu cara untuk menekan dan mencegah perburuan terhadap satwa yang dilindungi ini adalah dengan mempromosikannya sebagai daya tarik ekowisata. Wisatawan bisa berkunjung ke hutan tempat Burung Cendrawasih biasanya berkumpul dan berdansa untuk menontonnya. Warga kampung diberi pekerjaan sebagai penunjuk jalan, tukang masak, tukang pikul tas serta pengelola penginapan supaya mereka bisa memperoleh penghasilan bagi keluarga mereka tanpa harus menembak dan menjual burung tersebut.
Sebagai pemandu wisata, saya telah memandu banyak wisatawan yang khusus datang dari berbagai negara di dunia untuk melihat burung surga di berbagai hutan Papua.
Secara pribadi saya sangat beruntung karena telah melihat berbagai spesies yang hidup di Papua Barat, antara lain:
  • Cendrawasih Kuning / Lesser Birds of Paradise (Paradisaea minor)
  • Cendrawasih Merah/ Red Bird of Paradise (Paradisaea rubra)
  • Cendrawasih Raja / King Bird of Paradise (Cicinnurus regius)
  • Cendrawasih Hitam / Western Parotia (Parotia sefilata)
  • Cendrawasih Knang / Magnificent Bird of Paradise (Cicinnurus magnificus)
  • Cendrawasih 12 Antena / Twelve wired Bird of Paradise (Seleucidis melanoleuca)
  • Cendrawasih Leher Biru / Magnificent Riflebird (Ptiloris magnificus)
  • Cendrawasih Paruh Lengkung Hitam / Black Sicklebill (Epimachus fastuosus)
  • Cendrawasih Paruh Lengkung Coklat / Brown Sicklebill (Epimachus meyeri)
  • Cendrawasih Ekor Pita / Ribbon-tailed Astrapia (Astrapia mayeri)
Karena saya suka sekali menggambar/ melukis maka saya telah membuat sketsa beberapa spesies yang telah saya lihat tersebut. Sebenarnya bukan hanya burung yang saya gambar.
Ada juga bunga, perahu, pemandangan alam serta gambar manusia. Berikut ini adalah gambar seorang perempuan yang duduk di tepi pantai sambil menikmati keindahan matahari terbenam. Ulasan tentang gambar ini bisa dilihat di blog saya yang lain yakni wildlife-drawing.blogspot.com.
Figure drawing of a lady by the beach during sunset time
Gambar Perempuan Memandang Senja
Jila Anda tertarik menonton secara langsung burung Cendrawasih di hutan Papua, silahkan menghubungi saya lewat email: leororing@gmail.com atau pesan teks di whatsapp: +6281332245180.

No comments:

Post a Comment